Selasa, 13 September 2011

TUMBUHAN UNIK DAN LANGKA

 
Banyak sekali tanaman - tanaman unik dan langka di indonesia dan dunia meskipun kriteria langka dan unik itu relatif tergantung siapa yang menentukan kriterianya dan apa  kepentingannya. berikut ini beberapa tanaman yang dianggap unik dan langka :

1. Bunga Bangkai

Amorphophallus titanum atau Titan Arum atau biasa disebut bunga bangkai merupakan tanaman asli Sumatera yang terkenal memiliki kelopak raksasa serta bau tak sedap layaknya daging busuk. Bunga tanaman ini tinggi besar, bahkan lebih tinggi dari manusia. Titan Arum bisa mencapai tinggi 1 meter bahkan hingga 3 meter. Tanaman ini bisa ditemukan di pedalaman Sumatera.




2. Rafflesia arnoldi

Bunga ini terkenal bukan hanya karena ukuran besarnya, tapi karena baunya yang busuk. Tanaman ini tidak memiliki akar, batang tetapi terdiri dari benang seperti tumbuhan pada tanaman merambat. Tanaman ini bisa tumbuh dengan lebar hingga semeter dan berat bisa mencapai 11 kg. Tanaman ini bisa ditemukan di hutan hujan Kalimantan dan Sumatera.





3. Kantong Semar


Tumbuhan kantong semar (Nepenthes sp.) merupakan tumbuhan karnivora. Tumbuhan ini memiliki organ berbentuk kantong yang menjulur dari ujung daunnya. Pada bagian tutup kantong terdapat kelenjar nektar yang menarik serangga. Tanaman ini menyerap nutrisi dari serangga yang terjebak di dalam kantongnya. Serangga-serangga itu dihancurkan oleh semacam senyawa menyerupai asam lambung lantas dihisap sari-sarinya. Kantong Semar bisa ditemukan di Asia Tenggara, terutama di Indonesia. Indonesia memiliki species kantong semar paling banyak di dunia.





4. Edelweis


Edelweis mempunyai nama latin Anaphalis javanica. Edelweis disebut bunga abadi karena bunga ini terbukti tidak layu setelah dipetik dari tangkainya, tetapi langsung mengering tanpa berubah bentuk dan penampilannya. Tumbuhan ini dapat mencapai ketinggian 8 m dan memiliki batang sebesar kaki manusia. Tumbuhan ini bisa ditemukan di berbagai pegunungan tinggi Indonesia seperti Jawa, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan dan Lombok.



5. Sarang Semut


Tumbuhan Sarang Semut mempunyai nama latin Myrmecodia Pendans. Tanaman ini disebut sebagai tanaman sarang semut karena semut suka bersarang di dalam tumbuhan ini. Keunikan sarang semut terletak pada interaksi semut yang bersarang pada umbi yang terdapat lorong-lorong di dalamnya. Sarang semut adalah sejenis tumbuhan epifit yang menempel di pohon-pohon besar yang batang bagian bawahnya menggelembung berisi rongga-rongga yang disediakan sebagai sarang semut jenis tertentu. Sarang semut tumbuh pada pohon inang setinggi 8 meter berada 1100-2500 dari permukaan laut. Tanaman ini dapat ditemukan di hutan-hutan Papua.

6. Daun Sang

Tumbuhan Daun Sang mempunyai nama ilmiah Johannestijsmania altifrons. Keunikan dari tumbuhan ini terletak pada daunnya yang sangat besar bisa mencapai 6 meter. Daun Sang yang unik ini terlihat langsung menyembul dari tanah. Batang tanaman ini sangat pendek dan tertanam di dalam tanah sehingga daun Sang terlihat seakan tak memiliki batang. Daun Sang tumbuh di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser.


7. Putri malu

     
Putri malu atau Mimosa pudica banyak ditemukan sebagai tanaman liar di Indonesia. Tanaman ini sering ditemukan di kebun atau di semak belukar. Keunikan dari tanaman ini ada pada daunnya yang akan mengatup jika tersentuh benda asing. Tanaman yang dikenal dengan sebutan ‘si kejut’ ini juga akan menguncup ketika matahari terbenam dan merekah kembali saat matahari terbit.

      Anda mungkin mengatakan ini adalah tanaman kecil yang indah dengan bunga pink dan bintang-bintang yang seperti pakis pemalu. Meraih dan menyentuhnya, atau bahkan hanya angin di atasnya, dan akan membuat daun tertutup, seakan terkejut atau melindungi diri. Ketika itu terganggu, batang yang memaksa air keluar dari sel, yang membuat daun tampak runtuh. Tidak diketahui persis mengapa tanaman tersebut memiliki sifat ini, namun para ilmuwan pikir mungkin untuk menakut-nakuti predator.
 





8.  Tumbuhan Paling Tangguh di Dunia (Welwitschia Mirabilis)
Memang tumbuhan yang satu ini nggak keliatan asik, tapi tumbuhan asli Namibia ini memang luar biasa, cuma satu-satunya! Tumbuhan ini hanya punya dua daun, dan satu batang dan sistem akar, cuman itu aja! Tapi dua daun ini terus tumbuh sampai akhirnya mirip Alien. Batang tanaman ini makin lama akan makin tebal, tapi tidak meninggi, tinggi maksimum tanaman ini hanya 2 meter saja tapi lebarnya dapat mencapai 8 meter. Umur tanaman ini bisa mencapai 400 sampai 15 abad!. Bisa hidup terus tanpa hujan selama 5 tahun lamanya! Selain itu, tanaman yang dalam bahasa Namibia disebut Onyanga ini ternyata enak untuk dimakan baik dimakan mentah maupun dimasak dalam bara. O ya, arti nama Onyanga adalah Bawang Padang Pasir!
9 . Tanaman Karnivora (Dionaea Muscipula)

Tanaman satu ini adalah tanaman karnivora paling terkenal, karena aktivitas dan efisiensinya dalam memerangkap mangsa. Pasangan "Daun" yang menjadi ciri khas tanaman ini adalah perangkap yang memiliki rambut yang ultra sensitif, yang dapat merasakan adanya hewan atau serangga kecil yang datang. Begitu rambut di daun ini tersentuh, maka daun akan menutup dan memerangkap hewan apapun yang mendekatinya.




10. Tanaman Menari (Desmodium Gyrans)
      Apakah Anda pernah melihat tanaman bergerak dengan sendirinya? The 'Dancing Plant', juga dikenal sebagai tanaman telegraf, daun benar-benar bergerak dalam gerakan tersentak-sentak saat terkena sinar matahari langsung, kehangatan atau getaran juga reaksi mereka terhadap musik. Masing-masing dilengkapi dengan engsel di dasar yang memungkinkan untuk bergerak, berputar sepanjang elips. Tanaman ini dikenal favorit Charles Darwin, dan ditampilkan secara mendalam dalam bukunya The Power of Movement pada tanaman.
        Darwin menamai tumbuhan ini sebagai Hedysarum, atau para ahli botani menyebutnya Desmodium Gyrans, atau lebih modern lagi Codariocalyx Motorius. Nama yang biasa dikenal adalah Rumput Menari (Dancing Grass) atau Tanaman Semaphore (Semaphore Plant), karena gerakan daunnya, yang mirip dengan gerakan tangan pengirim sinyal semaphore. Tanaman ini gampang skeali tumbuh, hanya butuh matahari dan air saja tanpa perlu pupuk yang rumit.




11. Tanaman Bola Baseball (Euphorbia Obesa)

Tanaman ini adalah tanaman endemik di daerah Great Karoo, Afrika Selatan. Karena bentuknya yang lucu, banyak penggemar tanaman akhirnya mengambil tanaman ini dan mengkoleksinya, sehingga populasinya rusak berat. Akhirnya tanaman ini dilindungi oleh pemerintah Afika Selatan.



12. Pohon Botol (Baobab)

Pohon ini merupakan tumbuhan asli daerah Madagaskar, Afrika dan Australia. Pohon ini disebut pohon botol, karena selain bentuknya yang memang mirip botol, pohon ini ternyata memang dapat meyimpan sampai dengan 300 liter air! Makanya bisa tumbuh sampai 500 tahun!
 


13. Pohon Darah Naga (Dracaena Cinnabari)
Tanaman ini asli kepulauan Socotra. Pohon ini dikenal dengan nama Pohon Darah Naga atau Pohon Naga Socotra. Bentuknya yang unik, seperti payung, ternyata hanya satu dari uniknya pohon ini. Nama darah naga dari pohon ini ternyata diambil dari getah pohon ini yang berwarna merah. Persis seperti darah naga di Harry Potter, ternyata 'darah naga' dari pohon ini berguna untuk pengobatan. Selain itu, ternyata warna merah 'darah naga' pohon ini juga sering digunakan sebagai pewarna merah alami.

 


14. Tanaman Kebangkitan (Selaginella Lepidophylla)

Nama lain bunga ini adalah Bunga Jericho, tumbuhan gurun pasir ini dikenal atas kemampuannya bertahan bahkan di saat kekeringan. Pada saat musin kering, batangnya akan mengkerut dan menggulung menjadi bola. Dan begitu ada air, batang tadi akan melepaskan diri dari gulungannya. Tanaman ini banyak ditemui di gurun Chihuahua


15. Pohon Dinamit (Hura Brasiliensis)
Tanaman ini ternyata merupakan salah satu tanaman yang berasal dari hutan tropis Amazon. Julukan lainnya? Pohon Neraka, atau ada juga yang menjuluki Pohon Kotak Pasir (sandbox tree). Bayangkan saja, batangnya ditutupi duri tajam, dan sudah seperti itu, getah pohon ini ternyata beracun dan banyak digunakan oleh penduduk setempat untuk meracuni mata panah mereka. Selain itu, mereka juga punya buah. Dan buah pohon ini nggak main-main, begitu matang, buah pohon ini akan meledak! Bahkan kekuatan ledakan pohon ini sanggup melukai manusia dan hewan yang tidak sengaja lewat di dekat pohon ini! makanya namanya seperti itu!


sumber :http://www.taukahkamu.com/2010/10/10-tanaman-unik-di-dunia-yang-hidup-di.html

 


16. Bleeding Tooth Fungus (Jamur Gigi Berdarah)
Tumbuhan ini juga disebut stroberi dan krim, jus gigi merah, dan gigi iblis. Terlihat seperti keringat darah kan? Tumbuhan ini bisa dimakan


17. Chinese Black Batflowers (Bunga Kelelawar Hitam China)

Buah tanaman ini menggantung sehingga terlihat seperti kelelawar tidur terbalik, seperti gambar diatas.
 

18. Doll’s Eye (Mata Boneka)

Disebut juga “white baneberry.”



19. Sea Anemone Mushroom / Octopus Stinkhorn

Berasal dari australia begitu tanaman ini dewasa, mereka meletuskan tentakel merahnya yang mengerikan dan mengeluarkan bau untuk menarik lalat, yang kemudian menelan korbannya kedalam “gleba” dan mencernanya.


20. Devil’s Claw (Cakar setan)

Adalah jenis tumbuhan perangkap yang bisa melekat ke pakaian Anda ketika Anda berjalan melaluinya, meskipun kecil tetap terlihat mengganggu, karena terlihat seperti binatang laba-laba.
Tanaman ini dari Arizona, di mana mereka digunakan oleh penduduk pribumi untuk menenun keranjang. Tanaman jenis ini dirancang untuk mengait pada kaki hewan yang lewat, yang kemudian akan menghisap binatang yang terjebak kedalam tanah dan menghancurkannya sebelum tanaman ini memproduksi biji-bijian lalu melepaskanya dipermukaan


21. Porcupine Tomato (Tomat Landak)

Tanaman ini berasal dari Madagaskar, julukannya Little Australia. Selain duri yang tajam dan beracun, tomat landak adalah spesies yang berpotensi invasif, karena sulit untuk mati, bahkan dalam kekeringan.
Tanaman ini menyebar cepat, dan dapat mencapai tinggi 8 meter, dalam jumlah yang relatif singkat.


22.Cedar-Apple Rust Fungus (Cedar-Apel Jamur Karat)

CARF adalah infeksi jamur yang menyerang cedar dan pohon apel. Ia dapat menghasilkan bola jamur globular di mana saja dari 1/4 inci sampai 2 inci dengan diameter dan kantung “tanduk spora” ketika cuaca basah, mengubahnya menjadi seperti bola Koosh dari neraka.
 


23. Buddha’s Hand (Tangan Buddha)

Tangan Buddha adalah buah jeruk yang populer di Cina dan Jepang dengan aroma yang kuat.
 






24. Pelican Flower (Aristolochia grandiflora)
Tanaman ini sangat menarik, tapi jangan terlalu dekat, atau Anda tidak akan mendapatkan bau bangkai tikus keluar dari hidung Anda selama berjam-jam. Tidak seperti tanaman karnivora Nepenthes attenboroughii, mereka hanya menggunakan bau busuk untuk menarik penyerbuk.


 

 
25.Hydnora africana
Tanaman ini tidak hanya menarik, memiliki bentuk seperti ular yang membuka rahang nya. Baunya seperti kotoran. Sebuah tanaman parasit yang menempel pada akar spesies lain, Hydnora africana memancarkan bau tajam untuk menarik kumbang bangkai, dan kumbang kotoran sebagai penyerbuk alami.
 

26. Cycad (Encephalartos woodii)
Ini adalah salah satu tanaman paling langka di dunia: sebuah sawit tinggi berwarna gelap, daun mengkilap, sekali hanya ditemukan di lereng selatan yang menghadap Ngoye tunggal di pinggir hutan di Afrika Selatan. Ini punah di alam liar dan tidak menghasilkan biji salah satunya tanaman yang pernah ditemukan adalah jantan.
 

27. Dead Horse Arum Lily (Helicodiceros muscivorus)
H. muscivorus adalah bunga raksasa berbentuk bantalan bau yang berbeda dari daging, dimaksudkan untuk menarik lalat agar tertangkap dalam rongga,
 


28. Flypaper Plant (Pinguicula gigantea)
Panggil mereka oportunis, juga dikenal sebagai tanaman terbang kertas akan menangkap apa pun yang mendarat di daun mereka dan mulai mencernanya. Permukaan atas ditutupi oleh enzim pencernaan untuk membuat korban lengket, sebagai perangkap nyamuk dan serangga, tetapi juga dapat menyerap nutrisi dari serbuk sari.


29. Waterwheel Plant (Aldrovanda Vesiculosa)
Berhubungan erat dengan penangkap lalat Venus, tanama kincir air membuat jebakan air dari batang utama. Setiap perangkap tercakup dalam memicu rambut 'yang menyebabkan perangkap menutup ketika dirangsang.
 

30. Wollemi Pine (Wollemia nobilis)
Wollemi Pines telah ada sedikitnya 200 juta tahun, tetapi tidak diketahui ilmuwan sampai 2004, ketika petugas lapangan di Taman Nasional Wollemi di Australia melihat apa yang dia pikir adalah "spesimen yang tidak biasa '. Kurang dari 100 pohon diketahui tumbuh di alam liar, tapi prop
 

31. Snowdonia Hawkweed
Mungkin tidak berbau, tidak terlihat besar atau aneh, namun mungkin hanya Snowdonia Hawkweed tanaman paling langka di dunia. Ahli botani pikir sudah punah dekade yang lalu, tetapi pada tahun 2002 itu ditemukan tumbuh kembali di lereng gunung di Wales.
 

32. Rat-Eating Pitcher Plant (Nepenthes attenboroughii)
Tanaman pitcher paling aneh dan indah, tetapi spesies yang ditemukan pada bulan Agustus 2009 adalah tanaman karnivora. Hal ini diyakini sebagai tanaman pemakan daging di dunia, dan mampu mencerna tikus. Para ilmuwan menemukan nya di Gunung Victoria di Filipina.

33.Parachute Flower (Ceropegia woodii)
Sebuah bunga langka dengan kelopak menyatu dan apa yang tampak seperti permen lolipop berbulu dari itu. Bunga nya dilapisi dengan rambut-rambut kecil yang mengarah ke bawah, sehingga serangga tertarik pada tanaman yang berbau busuk terjebak di dalamnya.
34.Stinkhorn Mushroom (Mutinus Caninus)
Mungkinkah ini jamur terburuk yang pernah ada? Stinkhorn jamur pop up keluar dari tanah dan menyebarkan bau, membagikan spora mereka melalui lendir itu, bau-lihat ditemukan di tepi berlumpur.




http://www.lihatberita.com/2010/05/inilah-15-bunga-unik-dan-aneh.html
http://startinspiration.blogspot.com/2011/04/9-tanaman-unik-dan-juga-langka.html

3 komentar:

  1. wah bagus sekali pengetahuan ni ,,,, sangat membantu ku tuk bersyukur atas kebesaranNYa

    BalasHapus
  2. Wah aku jadi tahu nich tentang tumbuhan unik dan langka.
    Terima kasih boss...
    Mantap posting blog-nya...

    BalasHapus
  3. makasih postingannya ! ini sangat membantu untuk mengerjakan pr saya dari guru ..

    BalasHapus