Rabu, 24 Agustus 2011

DURIAN DAN KEUNIKANNYA

Durian adalah buah yang dibenci tapi diminati. Dibenci karena baunya yang menyengat tapi banyak diminati karena rasa nya yang khas dan lezat.
Durian memiliki jenis, bentuk dan rasa serta warna dengan isi yang berbeda beda.

Beberapa warna isi durian

      a. Putih




        b. Kuning



         c. Kuning Mas

         d. Merah



MANFAAT DURIAN
Konsumsi durian yang berlebihan memang bisa berbahaya bagi tubuh seperti meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Namun buah ini sebenarnya juga mengandung nutrisi lainnya seperti vitamin B, C, E dan zat besi.
Selain itu buah yang dikenal dengan julukan King of Fruits ini ternyata mengandung banyak asam amino yang bernama triptofan. Jenis asam amino ini diketahui bisa membantu mengurangi kecemasan, depresi hingga mengatasi insomnia. Hal ini dikarenakan tingkat tinggi asam amino triptofan yang terkandung dalam buah durian bisa menimbulkan perasaan euphoria dengan meningkatkan kadar serotonin di dalam otak. Jika seseorang sudah merasa tenang maka akan mudah baginya untuk beristirahat atau tidur. Meski demikian seseorang tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsi durian, tapi cukup konsumsi sebanyak 100 gram saja karena dalam 100 gram tersebut nutrisi yang didapatkan oleh seseorang sudah cukup.
Ahli gizi menganalisis setiap jenis durian memiliki nilai energi yang berbeda-beda antara 129-181kalori per 100 gram durian. Namun pada durian yang memiliki rasa super manis, nilai kalorinya bisa meningkat. Misalnya jenis durian monthong diperkirakan dari 600 gram menghasilkan total kalori sebesar 978 kalori. Di sisi lain, buah durian ini ternyata juga memiliki manfaat lagi selain untuk mengatasi kecemasan dan insomnia.
Bagian yang bisa digunakan juga tak sebatas daging buahnya saja, namun mulai dari kulit hingga daunnya bisa bermanfaat. Tapi jika setelah mengonsumsi durian tubuh justru merasa tidak enak atau menjadi pusing, maka coba dicek lagi berapa banyak durian yang sudah dikonsumsi dan apa yang dimakan
bersamaan dengan durian tersebut.

(http://adajendeladunia.blogspot.com/2011/05/manfaat-buah-durian-mengatasi-insomnia.html#ixzz1VwRV5R9t)


DURIAN TANPA DURI DARI LOMBOK BARAT
Durian adalah salah satu buah yang terkenal dngan kelezatannya serta memiliki rasa dan harga yang spesial, di samping hal buah satu ini terkenal dengan durinya,oleh sebab itu buah raja ini dinamakan durian. Nah bagaimana jadinya kalau durian tidak atau tanpa duri? apakah buah durian tanpa duri ini ada?

yup ini benar-benar nyata namanya Durian Gundul, kalau di bandingkan dengan rasa dan besarnya durian ini memiliki beberapa keunggulan,di samping aman dikonsumsi dan tidak membahayakan kalau anda terkena kulit dari durian ini

Bentuk buahnya sekilas seperti tempurung kelapa, ukurannya sebesar buah melon dengan bobot 800-900 gr. Buah matang mengeluarkan aroma khas durian. Ini memang durian, tapi tanpa duri! Rasa daging buahnya enak dan manis dengan kandungan gula 14 -15 derajat brix.
       -Ketebalan daging buah 0,5 cm seperti daging buah durian lokal pada umumnya dan berwarna kuning terang dengan produktifitas dapat mencapai 200 – 400 kg/pohon/tahun. Tanaman ini mampu beradaptasi dengan baik di dataran rendah sampai sedang dengan ketinggian 250 – 700 dpl.
       -Tanaman durian gundul ini merupakan tanaman durian yang mengalami mutasi bentuk oleh alam sehingga duri-duri di sekujur kulitnya tidak ada.





Pengelola Taman Wisata Mekarsari, Bogor, Jawa Barat, mengembangkan jenis buah durian tanpa duri yang langka asli asal Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).
Yang namanya durian sudah pasti berduri. Lha, namanya saja durian berarti buah yang penuh duri, sebagaimana rambutan yang berarti buah yang kulitnya berambut. Tapi di Lombok Barat, kini ditemukan durian tanpa duri. .

Durian aneh ini sebenarnya sudah sejak lama ada. Namun karena sulit didapat dan cukup langka maka tidak semua orang pernah mengetahui apalagi melihatnya. Bahkan orang di Desa Batu Mekar pun banyak yang tidak mengetahui. Hanya sebagian saja yang pernah melihat.

Masyarakat setempat menyebutnya dengan sebutan durian butak (botak). Tapi ada juga yang menyebutnya durian sukun. Sekilas memang dari jarak agak jauh buah durian tersebut mirip buah sukun karena bentuknya yang bulat dan agak botak.







 

DURIAN BERISI DURIAN







MUSIM durian kali ini memiliki keanehan dan keunikan tersendiri bagi Suyani (35). Warga RT 2 RW 10, Desa Sumbersari, Kecamatan Mijen, Semarang itu menemukan buah durian yang tumbuh di dalam buah durian yang kulitnya juga berduri.




Ukuran yang ada di dalam lebih kecil dan kulitnya lebih kuning. Buah durian luar memiliki ukuran panjang 25 cm, diameter 23 cm, dengan keliling 70 cm saat diukur dengan meteran bangunan. Buah luar tersebut memiliki tujuh ajar dengan isi dan kualitas rasa normal. Buah durian umumnya memiliki lima ajar.
Sementara buah durian di dalam, panjang 15 cm dan lebar 5 cm. Karena keunikannya, buah berduri itu tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (Muri) sebagai rekor ke-826 selama usia 13 tahun.
''Setelah kami mengecek, buah itu segera masuk dalam Muri, terlebih lantaran uniknya,'' tutur Manajer Muri Paulus Pangka, Selasa (24/12), di museum tersebut.
Yang aneh, dua durian yang menjadi satu itu sama-sama memiliki isi yang rasanya tidak berbeda dari durian pada umumnya. Hanya saja, durian yang kecil hanya berisi satu biji.
Buah langka tersebut dari Desa Sapen, Kecamatan Mijen. Pada Minggu (22/12), Suyani membeli sembilan buah. Lima buah masing-masing dibeli Rp 15.000 dan empat lagi Rp 9.000/buah. Buah aneh, langka, dan unik itu termasuk yang dibeli Rp 15.000.
Dia menuturkan, dua durian di antaranya untuk teman-temannya. Ada pula yang dibuka langsung bersama keluarganya. Keesokan harinya, dia membuka lagi buah terakhir.
''Setelah saya buka, saya kaget lantaran isinya aneh. Kok ada durian lagi di dalamnya.''
Bersama istrinya dia mencicipi beberapa biji, namun tidak diteruskan. Adanya buah durian itu langsung dikabarkan ke rekan-rekannya. Termasuk kepada Ir Budi Umarto, PPC Senior Officer Jansen Indonesia, rekannya yang alumnus Fakultas Pertanian UKSW Salatiga.
Budi Umarto mengemukakan, buah durian di dalam buah durian itu terjadi karena pembuahan ganda. Bila biasanya pembuahan membentuk satu buah, maka buah itu terjadi dua pembuahan. Seperti halnya bayi kembar siam, lanjutnya, di dalam sel telur terdapat sel telur tapi tidak menempel. Pembuahan ganda itu justru tumbuh di dalam, sehingga pertumbuhannya tidak normal. (Agus Toto W-71j) 



DURIAN MERAH
Pokok Durian Merah adalah sejenis tumbuhan yang terdapat di negara-negara ASEAN  juga di pedalaman Kalimantan Nama saintifiknya Durio graveolens Becc.





DURIAN MONTHONG TERBERAT DI INDONESIA: 13,8 KG!

 

.
Jika rata-rata berat durian yang di Indonesia 3-5 kilogram, durian yang kemarin dipamerkan di Agrowisata Plantera Ngebruk Desa Patean Kabupaten Kendal tersebut mencapai 13,8 kilogram. Panjangnya saja sekitar 60 sentimeter.
Pemilik PT Cengkeh Zanzibar sekaligus Agrowisata Plantera Budi Darmawan menjelaskan, durian tersebut sempat akan didaftarkan di Museum Rekor Indonesia (MURI), serta sudah ditanyakan kepada MURI berapa durian terberat di Indonesia. Ternyata di Indonesia belum ada durian seberat lebih dari 10 kg.



DURIAN TERMAHAL DI DUNIA



Kalau kopi termahal adalah kopi luwak yaitu dari kotoran luwak, maka durian termahal adalah durian kotoran gajah .Ini kedengarannya menjijikan:
Proses mendapatkan 'Durian Gajah' itu juga mirip.



Jika penduduk asli Sumatera mencari biji kopi yang belum tercerna di kotoran Luwak, masyarakat Jakun di hutan-hutan Malaysia akan mengikuti gajah yang baru menelan banyak durian.

Mereka mengambil risiko mengikuti binatang mamalia ini setidaknya selama empat jam -- durasi yang dibutuhkan hewan itu untuk mencerna durian -- sebelum buah yang tak tercerna keluar bersama kotoran.


Adalah penasehat Malaysia Nature Society cabang Johor, Vincent Chow yang mendengar keberadaan durian unik ini dari temannya seorang taipan kayu dan penduduk asli hutan 'Orang Asli'.

Kata dia, konglomerat kayu ini selalu mengajukan pesanan pada Orang Asli selama musim durian.

Karena stoknya yang langka, sang taipan mau merogoh kocek agak dalam -- membayar RM1.000 atau Rp2,8 juta demi memuaskan hasrat makannya itu.

"Tentu saja Orang Asli mau mengikuti jejak para gajah karena mereka tahu akan dibayar mahal," kata Chor, seperti dimuat situs New Straits Times, Jumat 22 Oktober 2010.

Jangan bayangkan kotoran kerbau atau kambing yang baunya minta ampun.

"Menurut warga setempat, bau kotoran gajah seperti teh, tidak menyengat seperti herbivora lainnya."

Durian yang belum tercerna itu diklaim tak mengandung kotoran dan bakteri.

Bahkan, sang taipan mengklaim durian semacam itu akan jadi afrodisiak alias makanan pembangkit gairah seksual -- setelah melewati proses pencernaan gajah.

Meski tak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim itu, permintaan 'Durian Gajah' makin tinggi dan harganya terus meningkat.



DURIAN BERBUAH DI BATANG

Kalau biasanya durian berbuat di cabang atau ranting tapi tidak pada durian satu ini , hampir semua buahnya tumbuh dan berbuah di batang.




 

TIP MEMILIH DURIAN

Agar tidak kecewa dengan buah durian yang dibeli, maka kenalilah ciri-ciri durian yang tergolong mantap.

Bentuk Buahnya

Durian yang memiliki bentuk unik dan tidak bulat, biasanya memiliki daging isi yang tebal, manis, dan berbiji kurus.

Durinya
Pilihlah durian yang memiliki duri yang jarang, besar dan agak tumpul karena biasanya durian jenis ini memiliki isi yang bagus, dagingnya kering dan manis. Selain itu, lebih mudah membukanya bukan?!

Kulitnya
Pastikan kulit luarnya tidak cacat. Jika ada cacat pada kulitnya (misalnya busuk atau ada lubang ulat), maka kemungkinan isi dalamnya busuk dan tidak dapat dinikmati.
Jangan memilih buah yang kulitnya sudah retak atau pecah pada ujungnya. Retak atau pecahnya kulit durian akan membuat isi di dalamnya bercampur dengan udara bebas sehingga rasa buah tersebut menjadi asam atau tawar.

Baunya
Durian yang matang akan mengeluarkan aroma yang kuat dan harum. Untuk itu sebelum membelinya cobalah sedikit merapatkan hidung Anda pada durian.
Kalau kurang berbau, artinya durian tersebut tidak sempurna matangnya. Dicurigai buah tersebut matang tidak secara alami melainkan telah dikarbit atau diperam. Buah yang seperti ini tidak lagi segar dan rasanya kurang nikmat.

Menggoncangkan Durian

Anda juga bisa mengecek kelayakan durian dengan cara ini. Gunakan semua jari tangan dan kedua telapak tangan Anda. Tempelkan kedua telapak tangan Anda pada buah durian, diikuti dengan jari-jari tangan Anda, dan pegang erat.  Dengan menggabungkan seluruh jari dan kedua telapak tangan akan mengurangi tekanan dari durinya. Nah, Kemudian gunakan tenaga pada lengan Anda untuk mengangkatnya.  Jika berhasil, cobalah menggoncangkannya perlahan-lahan. Setelah yakin Anda bisa melakukannya, cobalah menggoncangkan sedikit agak keras.  Jika Anda merasakan getaran kecil, itu artinya isi buah tersebut kering dan matang, karena isi yang kering akan terpisah dari dinding kulit dalam. Sedangkan isi yang lembab atau terlalu lunak akan melekat.

Memukul Durian

Gunakan gagang pisau, pastikan bunyinya seperti buk…buk….buk…

Semoga tips ini bermanfaat buat penggemar durian.
Sumber : KapanLagi.com

4 komentar:

Sumberjambe mengatakan...

Wus lengkap boss...
Uraian tentang keanekaragaman dan keunikan durian. Berguna sekali pada orang yang mencari tentang informasi durian.
Wish you success.

Anonim mengatakan...

josss

Anonim mengatakan...

Bibit durian musangking, kanjo dll di jogja 087839145118

mujianto mengatakan...

jual bibit durian tinggi 50 cm wilayah surabaya
hub DALBO 08563268832