Senin, 15 April 2013

MEMBUAT LEMBAR PERSIAPAN MENYULUH DAN SINOPSIS


LEMBAR PERSIAPAN MENYULUH

I. PENDAHULUAN
Awalilah setiap pekerjaan dengan perencanaan yang baik, karena gagal dalam merencanakan sama dengan merencanakan kegagalan (Abdullah Gymnastiar). Agar penyuluhan yang akan dilaksanakan dapat berjalan lancar dan dapat berhasil terlaksana dengan baik maka diperlukan perencanaan dan persiapan yang matang. Salah satu komponen penting yang sering diabaikan oleh penyuluh dalam perencanaan penyuluhan adalah penyusunan Lembar Persiapan Menyuluh (LPM) yang sebenarnya sangat penting untuk mempermudah dalam pelaksanaan penyuluhan, dan kalaupun itu dianggap kurang penting, paling tidak LPM bermanfaat untuk bukti pelaksanaan kegiatan penyuluhan.
II. MENYUSUN LPM DAN SINOPSIS
A. Pengertian LPM
Secara sederhana Lembar Persiapan Menyuluh (LPM) dapat diartikan sebagai lembar yang memuat hal-hal pokok yang harus dipersiapkan dan dikerjakan saat berlangsungya penyuluhan. Sedang bila merujuk pada apa yang dikatakan Dandan H, (2011) bahwa LPM adalah rencana desain kegiatan penyuluhan yang akan dilaksanakan untuk setiap kali sesi pertemuan.
B. Tujuan Penyusunan LPM
Adapun tujuan penyusunan LPM adalah : (a) Agar memudahkan penyuluh dalam penyampaian materi; (b) Agar penyuluhan dapat berjalan lancar sesuai skenario waktu yang telah ditetapkan; (c) Memudahkan dalam melakukan evaluasi baik pre-test maupun post-test; (d) Memudahkan penyuluh dalam mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan pada kegiatan penyuluhan; (e) Sebagai salah satu bukti pelaksanaan kegiatan penyuluhan.
C. Komponen Penyusun LPM
Komponnen yang membentuk sebuah Lembar Persiapan Menyuluh adalah :
1. Skenario Kegiatan
Dalam tulisan ini disebut “skenario kegiatan” karena isinya berisi urut-urutan apa yang akan dilakoni (dilakukan) dan apa yang akan digunakan pada saat penyuluhan. Komponen yang terdapat dalam skenario kegiatan adalah :
a.                   Judul;
b.                  Tujuan instruksional umum (TIU);
c.                   Kriteria audiens;
d.                  Jenis media yang digunakan;
e.                   Metode yang digunakan;
f.                   Alokasi waktu;
g.                  Deskripsi kegiatan;
h.                  Lokasi kegiatan penyuluhan;
i.                    Waktu dan tanggal pelaksanaan;
j.                    Nama fasilitator.
2. Sinopsis Materi
Sinopsis materi penyuluhan adalah ringkasan dari materi penyuluhan yang akan disampaikan dalam pelaksanaan penyuluhan. Sinopsis materi penyuluhan berisi :
a.                   Judul: ditulis dengan menggunakan kalimat singkat dan mudah dipahami yang menggambarkan inti dari materi.
b.                  Bagian awal : bagian ini berisi ringkasan latar belakang masalah “mengapa” sasaran perlu mengetahui materi tersebut.
c.                   Bagian utama : bagian utama berisi ringkasan gambaran isi materi “siapa, apa, mengapa, kapan, dimana, bagaimana” menerapkan atau melaksanakan isi materi tersebut.
d.                  Bagian akhir : bagian ini berisi ringkasan implikasi (disugestikan) materi tersebut.
Tujuan dibuatnya sinopsis materi penyuluhan adalah : (a) Untuk memberikan gambaran tentang masalah yang akan dibahas dan bagaimana memecahkan masalah tersebut; (b) Agar materi dapat disampaikan secara runtut;(c) Bagi orang lain yang berkepentingan membacanya dapat mengetahui inti dari materi yang disampaikan; (d) Sebagai bukti pelaksanaan kegiatan penyuluhan.
D. Cara Penyusunan
1. Penyusunan Lembar Persiapan Menyuluh
a.                   Judul materi : ditulis dengan menggunakan kalimat yang singkat dan mudah dipahami yang menggambarkan inti dari materi.
b.                  Tujuan instruksional umum (TIU) : berisi kalimat yang menggambarkan “apa yang harus dikuasai oleh sasaran” dengan disampaikannya materi penyuluhan tersebut. Untuk lebih mudahnya cara menentukan TIU : (1) Tuliskan sasaran, contoh : “Pengurus dan anggota kelompok”. (2) Tuliskan sikap dan prilaku (yang dapat teramati dengan jelas) yang diinginkan, contoh : “dapat menyebutkan dosis pupuk yang digunakan untuk tanaman padi”. (3) Tuliskan kriteria, contoh : “yang sesuai dengan rekomendasi pemupukan berimbang”. (4) Tuliskan tingkat penguasaan, contoh : “dengan benar”.Dengan demikian sebagaimana yang dicontohkan, TIU nya adalah : "Pengurus dan anggota kelompok dapat menyebutkan dosis pupuk yang digunakan untuk tanaman padi yang sesuai dengan rekomendasi pemupukan berimbang dengan benar".
c.                   Kriteria audiens: menuliskan siapa yang akan menjadi sasaran penyuluhan tersebut.
d.                  Jenis media yang digunakan : diisi dengan nama alat dan bahan yang akan digunakan dalam penyuluhan. Dalam menentukan jenis media, perlu mempertimbangkan : (1) Kesesuain media dengan materi, (2) Jumlah sasaran, (3) Tempat pelaksanaan penyuluhan, (4) Ketersediaan perlengkapan.
e.                   Metode yang digunakan : menuliskan cara yang akan digunakan (ceramah, demonstrasi, tanya jawab, anjang sana, dll) dalam menentukan metode hendaknya mempertimbangkan : (1) Karakteristik sasaran, (2) Karakteristik penyuluh, (3) Karakteristik keadaan daerah, (4) Materi penyuluhan pertanian, (5) Sarana dan biaya, (6) Kebijaksanaan pemerintah.
f.                   Alokasi waktu : berisi pembagian waktu untuk tiap bagian dalam kegiatan penyuluhan yang sedang berlangsung, mulai dari pembukaan sampai penutup.
g.                  Deskripsi kegiatan penyuluhan : berisi (1) Kegiatan awal (pembukaan, pengantar materi), (2) Kegiatan inti (penyampaian materi), (3) Kegiatan penutup (tanya jawab dan kesimpulan).
h.                  Lokasi kegiatan : menuliskan dimana kegiatan penyuluhan akan dilaksanakan, hendaknya dalam menentukan lokasi disesuaikan dengan materi dan metode serta jumlah sasaran.
i.                    Waktu dan tanggal pelaksanaan : dalam menentukan waktu yang tepat perlu mempertimbangkan waktu kerja sasaran, agar sasaran dapat menghadiri pertemuan atau penyuluhan yang akan dilaksanakan.
j.                    Nama fasilitator : nama PPL bersangkutan.
Untuk melihat contoh LPM yang telah jadi silahkan

2. Membuat Sinopsis Materi
Langkah-langkah membuat sinopsis materi penyuluhan dari materi lengkap yang telah dibuat menurut Kementan (2013) adalah:
a.                   Membaca materi dengan seksama dan penuh konsentrasi;
b.                  Menyediakan waktu khusus untuk membaca;
c.                   Membaca dalam kondisi rileks – tanpa tekanan;
d.                  Pahami materi;
e.                   Pikirkan sinopsis yang akan ditulis siapa pembacanya?;
f.                   Tulis sinopsis dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh pembaca.(1) Bagian awal : bagian ini berisi ringkasan latar belakang masalah “mengapa” sasaran perlu mengetahui materi tersebut. (2) Bagian utama : bagian utama berisi ringkasan gambaran isi materi “siapa, apa, mengapa, kapan, dimana, bagaimana” menerapkan atau melaksanakannya. (3) Bagian akhir : bagian ini berisi ringkasan implikasi (disugestikan) materi tersebut.


Berikut contoh format sinopsis menurut Kementan (2013) 


SINOPSIS
Judul Materi : .....................................
    Awal.......................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................

Utama.....................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................

Akhir......................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
................................................................................................................
Tempat dan Tanggal Penyusunan LPM
Penyuluh,
Nama dan Tanda Tangan

III. PENUTUP
“Pekerjaan hebat tidak dilakukan dengan kekuatan, tapi dengan ketekunan dan kegigihan”
(Samuel Jhonson-kritikus Inggris)
Walau LPM bukanlah satu-satunya faktor penentu kesuksesan di pelaksanaan penyuluhan, namun jika kita mampu menyusunnya dengan cermat, maka kita telah berada selangkah didepan dalam melakukan perencanaan pekerjaan yang lebih baik, selanjutnya tentu "BELAJAR DAN BERLATIH PENUH KETEKUNAN DAN KEGIGIHAN YANG DISERTAI DOA" adalah usaha yang dapat kita lakukan untuk melakukan pekerjaan yang hebat.
DAFTAR PUSTAKA
1.                  Dandan H, 2011. Cara Mempersiapkan Kegiatan Penyuluhan Pertanian, diakses pada tanggal 20 Maret 2013,http://bppcijati.blogspot.com/2011_01_02_archive.html
2.                  Kementan, 2013. Materi Penyuluhan, Modul Diklat Penyuluhan Pertanian, STPP Magelang.
3.                  Rahadian, Sinis Munandar, Amrin Zakaria, Lukman Hakim. 2003. Reinjenering Penyuluhan Pertanian, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta
4.                  UNAIR, 2012. Tujuan Pembelajaran Kompetensi, diakses pada tanggal 20 Maret 2013, https://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:6LWdrgTiqQ4J:aula.unair.ac.id/file.php
5.                  UT, 2010. Strategi Pemilihan Metode Penyuluhan Pertanian, diakses pada tanggal 20 Maret 2013, http://www.ut.ac.id/html/suplemen/luht4230/strategi.htm
SUMBER : http://media-pp.blogspot.com/2013/04/lembar-persiapan-menyuluh.html

Tidak ada komentar: